Selasa, 13 Januari 2009

Berbagai Macam Pengelolaan Kelas dan Implikasinya Terhadap Pengembangan RPP

Makalah
Berbagai Macam Pengelolaan kelas Dan Implikasinya
Terhadap Pengembangan RPP

Pendahuluan
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi semakin pesat,teknologi informasi dan komunikasi berupa televisi, telepon, komputer,dan iternet mengalami perkembangan yang luar biasa.

Melalui perkembangan teknologi komputer,internet,dan telepon,dunia pun seakan akan berada dalam genggaman kita.Informasi yang ada dibelahan bumi lain, secepat kilat akan sampai dibelahan bumi lainnya lewat short message system (SMS) atau berita di internet.Tidak ada lagi informasi yang dapat disembunyikan dengan perkembangan pemantauan satelit yang bisa diakses lewat google earth dan google map.

Sekolah sebagai institusi pencetak generasi yang hidup dimasa mendatang harus mempunyai keperdulian terhadap perkembangan yang terjadi.Jika tidak, maka anak-anak yang kita didik akan tertinggal dengan perkembangan zaman. Guru pada perkembangan zaman sekarang ditantang untuk melakukan akselerasi terhadap perkembangan informasi dan komunikasi.Pembelajaran di kelas dan pengelolaan kelas harus disesuaikan dengan standar kemajuan teknologi informasi dan komunikasi.Berbagai macam pengelolaan kelas dan implikasinya terhadap pengembangan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran)berikut ini yang akan di coba pada pemaran berikut :

A. Hakekat Pengelolaan Kelas
1. Pengertian
Pengelolaan Kelas (classroom management) berdasarkan pendekatan menurut Weber diklasifikasikan keadaan dua pengertian, yaitu berdasarkan pendekatan otoriter dan pendekatan permisif.Berikut dijelaskan pengertian dari masing-masing pendekatan tersebut.
Pertama, Berdasarkan pendekatan otoriter pengelolaan kelas adalah kegiatan guru untuk mengontrol tingkah laku siswa,guru berperan menciptakan dan memelihara aturan kelas melalui penerapan disiplin secara ketat (Weber)
Kedua pendekatan permisif mengartikan pengelolaan kelas adalah upaya yang dilakukan oleh guru untuk memberi kebebasan untuk siswa melakukan berbagai aktivitas sesuai dengan yang mereka inginkan.

2.Pengelolaan dan Pembelajaran
Pengelolaan dan Pembelajaran dapat dibedakan tapi memiliki fungsi yang sama. Pengelolaan tekannya lebih kuat pada aspek pengaturan (management)lingkungan pembelajaran,sementara pembelajaran (intruction)lebih kuat berkenaan dengan aspek mengelola atau memproses materi pembelajaran. Pada Akhirnya dari kedua aktivitas tersebut, keduanya dilakukan dalam rangka untuk mencapai tujuan yang sama yaitu tujuan pembelajaran.

B.Komponen-Komponen Pengelolaan Kelas
Unsur-unsur pengelolaan kelas meliputi dua tindakan yaitu :
a. Preventif, yaitu upaya yang dilakukan oleh guru untuk mencegah terjadinya gangguan dalam pembelajaran.
Beberapa upaya atau keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang guru untuk mendukung terhadap tindakan preventis antara lain :
1.Tanggap/peka,sikap tanggap ini ditunjukkan oleh kemampuan guru secara dini mampu dengan segera merespon terhadap berbagai prilaku atau aktivitas yang dianggap akan mengganggu pembelajaran atau berkembangnya sikap maupun sifat negatif dari siswa maupun lingkungan pembelajaran lainnya.
2.Perhatian yaitu selalu mencurahkan perhatian pada berbagai aktivitas,lingkungan maupun segala sesuatu yang muncul.Perhatian merupakan salah satu bentuk keterampilan dan kebiasaan yang harus dimiliki oleh guru.
b. Refrensif,keterampilan refrensif tidak diartikan sebagai tindakan kekerasan seperti halnya penanganan dalam gangguan keamanan.Keterampilan refrensif sebagai salah satu unsur dari keterampilan pengelolaan kelas.
c.Modifikasi Tingkah laku
> Modifikasi tingkah laku yaitu bahwa setiap tingkah laku dapat diamati.
> Pengelolaan kelompok, untuk menangani permasalahan hendaknya dilakukan secara kolaborasi dan mengikutsertakan beberapa komponen atau unsur yang terkait.
>Diagnosis yaitu suatu keterampilan untuk mencari unsur-unsur yang akan menjadi penyebab gangguan maupun unsur-unsur yang menjadi kekuatan bagi peningkatan proses pembelajaran.

C.Pengelolaan Kelas dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Guru perlu membedakan antara kegiatan pengajaran dan pengelolaan kelas.
Kegiatan Pembelajaran meliputi :
1)Mendiagnosa kebutuhan
2)Merencanakan dan mempresentasikan informasi
3)Membuat pertanyaan
4)Mengevaluasi kemajuan

Kegiatan pengelolaan kelas terdiri dari :
1)menciptakan dan memelihara kondisi kelas
2)memberi pujian terhadap prilaku yang baik
3)mengembangkan hubungan guru dan siswa

Keterampilan pengelolaan kelas merupakan hal yang penting dalam pengajaran yang baik.Praktik pengelolaan kelas yang baik yang dilaksanakan oleh guru akan menghasilkan perkembangan keterampilan pengelolaan diri siswa yang baik pula. Teknik pengelolaan kelas harus diupayakan agar tidak mengganggu aspek pembelajaran di kelas.Bila direncanakan dengan baik melalui RPP, pembelajaran akan bergerak dengan cepat dan lancar dari satu kegiatan ke kegiatan lainnya (dari RPP ke1 ke RPP berikutnya).Pengelolaan kelas yang efektif akan terwujud mana kala dengan melaksanakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sebagai berikut :
1)Menetapkan Aturan kelas
2)Memulai Kegiatan Tepat Waktu
3)Mengatur Pelajaran
4)Mengelompokkan Siswa
5)Memberi Penilaian hasil Belajar
6)Mengakhiri Pelajaran

Kesimpulan :
Berdasarkan uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa :
1)Dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan baik guru harus memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam pengelolaan kelas dan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dalam menciptakan situasi kelas yang edukatif.
2)Dalam menciptakan suasana kelas yang edukatif perlu pengelolaan kelas dan penyusunan RPP yang efektif dan efesien.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

dalam sebuah tulisan ilmiah dibutuhkan kevalidan data/sumber yang digunakan sebagai pijakan. anda belum mencantumkan referensi satu pun untuk menguatkan artikel yang anda susun.jadi harapannya lebih diperbaiki lagi karena hal itu menjadi penting berdasarkan keilmiahan sebuah artikel ilmiah