Selasa, 13 Januari 2009

Menjawab Pertanyaan-Pertanyaan Pak Sairan,S.Pd.

Pertanyaan-Pertanyaan
(Pak Sairan,NIM:08301289025 SMPN 2 Gumelar)

Pada Perkuliahan Perencanaan Pembelajaran Matematika hingga pertemuan ke-10, saya masih mempunyai beberapa pertanyaan dan harapan-harapan :

A.Pertanyaan-Pertanyaan :
1.Apa yang saya dapatkan dari mata kuliah ini ?
2.Sebenarnya inti dari mata kuliah ini apa ?
3. Kapan Dosen saya memberikan materi RPP yang lebih rinci ?
4.Bagaimana RPP yang baik itu ?
5.Apa yang membedakan alat bantu,alat peraga dan sumber belajar ?
6.Mengapa saya belum ada perubahan cara mengajar padahal saya sudah 9x mengikuti mata kuliah ini?
7.Kapan Pak Marsigit menayangkan kembali video pembelajaran ?
8.Mengapa video pembelajaran yang ditayangkan Pak Marsigit anak-anak SD khususnya diluar negeri?
9.Apakah yang diharapkan dari kuliah mata kuliah perencanaan pembelajaran matematika?

B.Harapan :
1.Saya mendapat informasi yang banyak cara menyusun RPP
2.Saya mendapat informasi yang banyak cara mengelola kelas
3.Dosen menayangkan kembali video pembelajaran baik produk dalam negeri maupun luar negeri
4.Saya dapat menumbuhkan motivasi belajar pada anak
5.Mutu pembelajaran saya di kelas meningkat

C.Kesulitan-Kesulitan Yang Masih dialami dalam pembelajaran Matematika :
1.Siswa masih beranggapan matematika pelajaran yang sulit
2.Motivasi belajar siswa rendah
3.Alat peraga/alat bantu di sekolah kurang
4.Jumlah buku paket belum sebanding dengan jumlah siswa

D. Jawaban-Jawaban Dari Pertanyaan-Pertanyaan Pak Sairan,S.Pd.

1. Yang saya dapatkan dari mata kuliah ini adalah :
a.Perencanaan pembelajaran secara umum
b.Perencanaan pembelajaran secara khusus
c.Format-format perencanaan pembelajaran
d.Perangkat pembelajaran yang memuat : Program Tahunan, Program Semester,Pemetaan SK dan KD, Silabus,RPP, dsb.
e.Skema pembelajaran,alat peraga/bantu,sumber belajar,LKS,Asesment/Penilaian.

2.Inti dari mata kuliah ini adalah :
Membuat suatu perencanaan dan persiapan mengenai pembelajaran matematika

3.RPP yang lebih rinci dapat dibuat sendiri

4.RPP yang baik sesuai dengan langkah-langkah yang telah ditentukan

5.a.Alat bantu :alat yang digunakan untuk membantu dalam menjelaskan/menerangkan suatu materi matematika.
b.Alat peraga : alat yang digunakan mempraktekkan/memperagakan suatu materi matematika
c.Sumber belajar : sumber yang digunakan proses pembelajaran matematika

6.Perlu adanya suatu proses yang terus menerus dari kita sendiri

7.Menunggu model VTR yang inovatif

8.Untuk menambah pengalaman dan pengetahuan tentang pembelajaran di luar negeri

9.Mampu membuat suatu perencanaan yang optimal dan diterapkan dengan baik.

Tidak ada komentar: