Minggu, 11 Januari 2009

Repleksi Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran Matematika Oleh : Agus Ahmad, S.Pd.

Salah satu mata kuliah program sertifikasi guru melalui jalur pendidikan adalah Persiapan/Perencanaan Pembelajaran Metematika dengan dosen Pengampu Bapak Dr. Marsigit,MA.Mulai perkuliahan sejak bulan September 2008 (11 September 2008) dan berakhir 30 Desember 2008. Para mahasiswa sertifikasi dibekali dan diberikan teori-teori kependidikan yang sudah dimiliki atau belum, diuji pengetahuan ICT-nya, pengalaman-pengalamannya, dan hal lainnya yang ada hubungan dengan perencanaan/persiapan pembelajaran matematika. Pada awalnya mata kuliah ini sulit untuk diikuti dan dipahami oleh hampir semua mahasiswa, tetapi lama kelamaan, ka,i kami bias mengikuti dan terbuka pola pikir kami, apalagi kami dibelajarkan bagaimana cara berfikir dari kualitas pertama sampai menuju kualitas kedua, walaupun berpikirnya masih menghawatirkan.Kalau saya rangkum dari awal sampai akhir mata kuliah ini, kompetensi yang bisa saya dapatkan adalah berikut ini, walau indikator keberhasilan (Nilai) yang menentukan adalah Pak Marsigit, tapi setidaknya berikut ini menjadi bekal saya untuk menjadi guru yang profesional. Adapun point-point materi mata kuliah perencanaan pembelajaran matematika sebagai berikut :
1.Memahami posisi guru dengan siswa,dengan media/teknologi,dengan evalausi, dengan kepala sekolah, dengan kurikulum, dengan siswa dan orangtua, denga sertifikasi.
2.Mengimplementasikan persiapan umum dan khusus, persiapan pembelajaran matematika.
3.Memahami dan mengimplementasikan hakekat matematika sekolah
4.Mampu membuat RPP yang inovatif
5.Memahami dan mengimplementasikan hakekat matematika sekolah
6.Membedakan ciri-ciri pembelajaran matematika tradisional dan inovatif di lihat dari siswa, guru. metode PBM, LKS, Penilaian, ICT, Silabus, Penilaian, Sumber belajar, Alat Peraga, teori Kognitis
7.Dapat mengalikan suatu bilangan dengan cara lain selain yang biasa dilakukan
8.Dapat mengimplementasikan skema pencapaian kompetensi (will,attitude, knowledge,skill,dan experince
9.Dapat membuat rencana dan mengimplementasikan skema interaksi(klasikal,kelompok, dan individu)
10.Dapat merefleksikan pengembangan pembelajaran matematika di SMP melalui VTR yang ditayangkan
11.Dapat memahami metode belajar stasiun
12.Membuat makalah yang berhubungan dengan pembelajaran matematika yang dikaitkan dengan teori dan pengalaman
13.Membuat pertanyaan-pertanyaan yang tidak menghawatirkan
14.Memahami matematika kualitas kedua, pendidikan matematika dan pembelajaran matematika
15.Membuat BLOG (untuk berkomunikasi dengan dosen, rekan sesama guru lainnya)
16.Memberikan komentar, memposting dan menerima saran serta mencoba tulisan-tulisan sekitar pembelajaran matematika yang dimuat di dalam BLOG
17.Peningkatan pembelajaran matematika melalui refleksi dari setiap materi yang telah pelajari dan menyimpulkan materi secara umum pada refleksi kualitas kedua.

Itulah kompetensi yang dapat saya rangkum,bisa saya serap dan bisa saya dipahami, sekali lagi ukuran indikator keberhasilannya berupa NILAI tetap ada pada Pak Dr.Marsigit,MA. Semoga apa yang bapak berikan kepada saya dapat bermanfaat untuk peningkatan kualitas pendidikan dan peningkatan profesional guru mata pelajaran matematika.Aamiin!.

Tidak ada komentar: