Rabu, 14 Januari 2009

Usaha-Usaha Guru untuk Melibatkan Siswa dalam Pembelajaran Matematika

USAHA GURU (SAYA) DALAM MELIBATKAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Oleh : Agus Ahmad,S.Pd.
Salah satu upaya yang dapat dilakukan sebagai tahap pertama adalah menjalin hubungan dengan peserta didik melalui komunikasi yang baik.Dengan berusaha untuk mengenal lebih jauh siapa peserta didik yang kita hadapi,hal ini berdasarkan pengalaman dapat melalui beberapa pertanyaan yang diajukan guru ternyata mampu menjembatani keinginan seperti apa yang mereka harapkan dalam proses pembelajaran matematika.
Perasaan ingin dihargai,diakui keberadaannya merupakan hal yang mendominasi keinginan siswa.Artinya selama ini siswa merasa kurang diakui keberadaannya ketika proses pembelajaran berlangsung,dan berarti pula bahwa guru terlalu mendominasi kelas ketika proses pembelajaran berlangsung.
Berangkat dari informasi yang diperoleh secara langsung dari siswa,maka perubahan model pembelajaranpun sedikit demi sedikit dilakukan,dan ternyata apa yang didapatkan sesuatu yang cukup mengagumkan.Keterlibatan dan antusias belajar siswa meningkat ketika guru tidak lagi mendominasi pembelajaran,tidak lagi mencekoki peserta didik dengan pembelajaran melalui ceramah.
Dari pengalaman tersebut,menunjukkan bahwa rendahnya minat dan peran serta peserta didik bukan hanya karena pandangan mereka terhadap bidang studi matematika adalah bidang studi yang sulit dipelajari,melainkan sikap dan kreativitas guru yang harus terus ditingkatkan.
Bagaimana guru mampu memasuki dunia mereka,bagaimana guru merancang pembelajaran matematika yang sesuai dengan kondisi perkembangan psikologis mereka,merupakan hal yang sangat penting diketahui guru untuk dapat membelajarkan siswa.
Guru juga harus mampu merancang suasan kelas yang kondusif untuk siswa melakukan pembelajaran,disini sikap guru,keteladan guru turut menentukan sejauhmana siswa akan berpartisipasi dalam proses pembelajaran.Karena sesungguhnya motivasi guru dalam pembelajaran akan menjadi salah satu pendorong berkembangnya minat siswa dalam pembelajaran.
Saat ini,yang harus diperhatikan guru adalah bagaimana membuat siswa mampu belajar bukan lagi bagaimana guru mengajar,karena pengajaran yang dilaksanakan bukan hanya sekedar transfer ilmu,tetapi lebih dari itu,bagaimana kemampuan peserta didik dapat berkembang secara optimal,Sehingga guru harus mampu menjadi fasilitator,motivator dan distributor dalam proses pembelajaran.
Dengan demikian,keterampilan ,pengetahuan ,kreatifitas dan sikap inovatif guru dalam merancang pembelajaran harus senantiasa ditingkatkan demi tercapainya tujuan pembelajaran yang diharapkan,dan demi tercapainya kompetensi yang telah ditetapkan dalam kurikulum.

1 komentar:

LAMANSURE mengatakan...

Insya Allah akan coba di sekolah saya

mansur guru smp neg. 2 pangsid kab. sidrap sul-sel